Sebelum kita menuju pada pelajaran pertama yaitu, cara menyetel jeruji ( atau kita kenal sebagai stel velg ) sebaiknya kami akan mengenalkan satu persatu komponen dari roda sepeda motor yaitu:
1. BOS (Tromol)
Bagian ke dua adalah pengenalan alat – alat penyetelan jeruji
a. Ruji bagian dalam dengan bengkokan 85
b. Ruji bagian luar dengan bengkokan 90
Memasukkan ruji sebelah kiri dari ruji A dari bos, dan di lompati satu lobang searah jarum jam, lihat pada gambar, stelah itu di angkat untuk memastikan bahwa ruji telah masuk pada bos, lalu bos tersebut di balik dan lakukan pemasangan ruji seperti pada boss sisi (a).Velg mempunyai dua sisi lubangatas dan bawah. Dan lubang tersebut saling berhadapan Lihat gambar D
· Tromol Biasa ( Tromol yang memakai kampas rem)
· Tromol Cakram (Hidrolis)
2. Ruji
· 121 x 8 / 130 x 10
· 154 x 10 / 157 x 10 / 159 x 10
· 162 x 10 / 164 x 10
· 172 x 10 / 180 x 10 / 184 x 10
· 196 x 10
90
|
120
|
140
|
160
|
180
|
215
|
250
|
300
|
315
|
14
|
-
|
-
|
-
|
-
| ||||
16
|
-
|
-
|
-
| |||||
17
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
18
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
19
|
-
|
-
|
-
| |||||
21
|
-
|
-
|
Bagian ke dua adalah pengenalan alat – alat penyetelan jeruji
ü Kunci spok (gambar a)
ü Alat penyangga tromol ( gambar b)
ü Pres velg
( Gambar a ) ( Gambar b )
Keterangan gambar b :
a. Penyangga Roda
b. Baut AS ke Bos
c. Baut penyetel kerataan, lelonggaran
MEMASANG RUJI PADA VELG SEPEDA MOTOR
Sepeda yang kita kenal untuk sepeda motor tipe sport atau bebek mempunyai dua buah roda. Agar roda berputar seimbang dan memiliki kekuatan bila menjalani lubang-lubang yang
berada di jalan raya pada waktu di kendarai. Maka antara bos dan velg harus di
Sepeda yang kita kenal untuk sepeda motor tipe sport atau bebek mempunyai dua buah roda. Agar roda berputar seimbang dan memiliki kekuatan bila menjalani lubang-lubang yang
berada di jalan raya pada waktu di kendarai. Maka antara bos dan velg harus di
Jumlah
ruji pada roda umumnya sebanyak 36 buah, ruji ini bagian kepalanya di
pasang di boss. Pada posisi sebelah kiri sebanyak 16 buah 8 buah lubang
untuk duduknya kepala ruji sebelah luar dan 8 buah lagi untuk sebelah
dalam. Adapun kepala ruji bagian luar antara batang ruji dan kepala
mempunyai bengkokan 90 . dan untuk bagian dalam mempunyai bengkokan 85.
Untuk
16 Ruji lage di pasang pada lubang kepala ruji yang berada pada boss
sebelah kanan. Untuk lebih cepat proses pemasangan ruji pada boss lihat
gambar di bawah ini
a. Ruji bagian dalam dengan bengkokan 85
b. Ruji bagian luar dengan bengkokan 90
Memasukkan ruji sebelah kiri dari ruji A dari bos, dan di lompati satu lobang searah jarum jam, lihat pada gambar, stelah itu di angkat untuk memastikan bahwa ruji telah masuk pada bos, lalu bos tersebut di balik dan lakukan pemasangan ruji seperti pada boss sisi (a).Velg mempunyai dua sisi lubangatas dan bawah. Dan lubang tersebut saling berhadapan Lihat gambar D
PEMASANGAN RUJI PADA BOSS KE VELG
Setelah rui sudah terpasang pada boss dengan benar maka langkah selanjutnya dalah pemasangan uji pada boss ke velg.
Pada boss sebelah kanan (a) dudukan kepala ruji dan velg.
Langkah
pertama ambil ruji luar lewati tiga lubang searah jarum jam. Akan
ketemu ruji bagian dalam. Maka silangkan searah jarum jam, maka pasang
ruji ke velg bagian atas lihat pada gambar dibawah ini
AD
I
III
|
CF
V
VII
|
EH
IX
XI
|
Demikian cara memasang ruji-ruji antara boss dan velg, Setelah selesai
Pemasanga lakukan lahpenyetelan dan akan kita bahas pada klas 5 stel
velg selantutnya
MENYETEL RUJI
Pada waktupenyetelan ruji yang harus di perhatikan adalah putaran
roda, pada waktu roda berputar tidak diperbolehkan goyang / oleng, di
samping itu putarannya harus rata penyetelan kerataan putaran velg
lihat gambar (f) sedangkan penyetelan kekeolengan lihat gambar (G)
a) Alat penyetelan Velg
Tepatkan alat penyetelan roda pada permukaan yang rata, Lepaskan ban rodanya.
Kemudian
Pasang poros roda pada batang penyanggah dari alat penyetel velg.
Keraskan baut dari penyangga, Putar velg dan atur baut penyetel naik
turun ( genjot ) pada velg / kerataa pada velg.
I. Pertama-tama
putar bagian velg, lalu atur baut penyetel genjot (g) bila mendapatkan
bagian velg. Putar genjotan nya mengenai baut penyetel (g), maka yang
di kerasi bagian ruji no 1, 2, (3), 4, 5. Begitu juga dengan sisi
lainnya (y) contoh dengan gambar lakukan sampai velg tidak genjot.
MENYETEL RUJI
Untuk mendapat kan hasil mutu dan kualitas yang memuaskan pada stelan velg. Maka
ü Pertama
– tama yang harus kita kerjakan adalah meratakan bagian dari nepel
pada ruji yang sudah terpasang pada velg. Lakukan ke seluruh ruji.
ü Kedua lakukan dengan kunci ruji pada seluruh ruji
ü Penyetelan dilakukan dengan cara memperhatikan 2 ( Dua ) sisi yaitu
· Sisi bawah ( genjot )
· Sisi samping dalam , sisi samping luar ( )
· Sisi atas ( genjot )
· Penyetelan bada sisi bawah ( genjot ) (g)
II. Penyetelan pada sisi dalam
Putar
velg yang akan di stel. Atur penyetel ke bagian dalam velg. Apabila
velg mengenai baut penyetel maka ruji pada sisi x No 1, 2, (3), 4, 5.
Yang di kerasi. Demikian pula pada sisi dalam (y) lihat gambar
Menyetel pada sisi luar
Lain
pula menyetel sisi luar. Pertama putar velg yang akan di stel. Atur
baut penyetel ke bagian luar velg. Apabila velg ( x ) mengenai baut
penyetel maka ruji pada (y) di kerasi no 1, 2, (3), 4, 5. Demikian pula
yang terjadi pada velg sisi luar (y) maka ruji sisi (x) no 1, 2,
(3),4,5 yang di kerasi
Lihat Gambar
Perbedaan dari sisi samping dalam dan sisi samping luar adalah paa cara mengerasi pada ruji untuk lebih jelas lihat tabel
Sisi luar velg
X
B
2 3(4) 5 6
1 2 (3) 4 5
A
|
Y
A
2 3 (4) 5 6
1 2 (3) 4 5
B
|
A
X
|
B
Y
|
Sisi dalam velg
Lakukan
berulang ulang apabila ruji sudah keras. Tidak dapat di kerasi lagi
maka ruji pada sisi di longgarkan demikian pada sisi sebaliknya. Lakukan
sampai velg tidak oleng.Terima kasih atas kunjunganya.semoga bermanfaat